Jumat, 05 Desember 2008

Pelatihan Blog

Beberapa waktu yang lalu kebetulan memberikan pelatihan kepada siswa-siswa teknik industri semester pertama tentang dunia internet. Materi yang ditekankan adalah pemanfaatan blog untuk pengayaan variasi belajar mengajar antara dosen dan mahasiswanya. Kami kebetulan meminta hasil pembelajaran mereka secara bertahap untuk diposting ke dunia luar. Selain untuk mengajarkan rasa percaya diri dan transparansi perkuliahan, semoga mereka tertarik untuk menulis dan menulis.
Inilah hasil karya mereka...
============================
Blog di www.blogsome.com

Salah satu penyedia blog (blog hosting/blog domain) gratis adalah blogsome.com. Proses pendaftaran pada blog hosting ini terbilang mudah. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan agar kita mempunyai blog pada blogsome.com, adalah sebagai berikut :
  1. Buka browser anda, kemudian ketikkan alamat http://www.blogsome.com/ pada bagian address browser yang anda gunakan. Maka tampilan awal blogsome seperti di bawah ini jika anda sukses mengaksesnya.
  2. Untuk melakukan pendaftaran blog baru, maka anda harus mengetikkan alamat url blog yang anda inginkan pada kolom blog address (seperti yang ditunjukkan oleh lingkaran pada gambar di atas) kemudian anda klik tombol get your free blog now.
  3. Username (sudah otomatis muncul sesuai dengan yang anda ketikkan). User name ini akan menjadi alamat url blog anda.

  4. Ketikkan alamat Email Address anda, pada kolom yang diminta. Jika memungkinkan disarankan untuk menggunakan email dari hotmail. Tapi ternyata email dari hostingan yang lain pun diterima.

  5. Confirm Email Address. Ketikkan kembali alamat email yang anda gunakan.

  6. Blog Title (This will be the title of your new blog). Apa yang anda ketikkan pada kolom ini, akan menjadi judul dari blog anda.

  7. Please retype the text in the image into the box provided (this is to combat spammers). Pada kolom ini, ketikkan huruf yang tampil pada gambar di boks.

  8. ::I have read and agree to the Terms of Service. Beri tanda centang, untuk menandai persetujuan pembuatan blog ini.

  9. Klik tombol “Get your free blog now”.

Tidak ada komentar: